News & Events

Ide Bisnis

Ide Bisnis

Kreasi Buku Dalam Desain Unik

Berawal dari keisengan membuat scrapbook dan mengunduh di sosial media., hasil karya Selvia (30) disukai orang, lantas ia pun rela menjualnya. Ternyata dari situ ia malah mengembangkan kerajinan tangannya dalam bisnis yang diberi nama bukuunik.com. Usaha ini mengandalkan kreatifitas, sehingga setiap buku berbeda dari yang lain. Setiap buku merupakan produk handmade dihisai cover unik seperti scrapbooking.

Bukuunik.com mulai muncul tahun2008. Sebuah bisnis dari olahan bahan baku dari lingkungan sekitar yang didesain dengan bentuk unik. Modal awal tak seberapa, hanya Rp 500.000 untuk membeli bahan baku. Bahan baku sendiri ia dapatkan mulai dari potongan majalah bekas sampai buku impor. Apapun jenis daur ulang yang dipakai, pembuatannya sama yaitu produksi buku dalam format hard cover. Desainnya memang dibuat sendiri oleh Via, sapaan akrabnya, one by one dengan detail bersama 12 orang karyawannya.

Produk yang ditawarkan oleh bukuunik.com biasanya dipilih pelanggan untuk diary, notes, scrapbook, sketchbook, maupun special gift dengan harga Rp50.000-Rp80.000. Selain buku, Via juga meyediakan bahan baku bagi yang ingin mengasah kreatifitasnya seperti lem, hiasan kancing, pita, bunga, dan hiasan lain dapat pelanggan temui di outlet miliknya.

Outletnya sudah ada di mall Taman Anggrek, Jakarta dan Living World, Tangerang. Ia juga memiliki cabang di Bandung dan Surabaya serta beberapa reseller di kota lain yang masih dalam lingkup lokal atau Indonesia.

Berbicara pendapatan, Via mengaku omzet yang didapat tergantung pada ada tidaknya event pameran, tapi bila dirata-rata mencapai Rp 100 juta/bulan. Dari situ ia bisa memperoleh keuntungan mulai dari 10% hingga 40% dari omzet.

 

-DYSTA-